4 Kebiasaan Baik Untuk Meningkatkan Kerja Otak

Setiap hari otak kita disuruh untuk bekerja terutama bagi kaum  pelajar mahasiswa. Hampir semua aktiviasnya tidak bisa lepas dari kerja otak. Sebab setiap hari kamu akan dihadapkan pada mata kuliah dan segudang tugas-tugasnya. 



Banyaknya aktivitas yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama ini bisa mengakibatkan lambat laun dapat menurunkan sistem kerja otak kita. Akibatnya, kita jadi sulit untuk fokus dan berkonsentrasi dalam pekerjaan. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kesehatan otak. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kerja otak bisa dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik seperti berikut ini.

Istirahat Yang Cukup 

Belajar merupakan aktivitas yang melelahkan. Namun kadang beberapa pelajar mahasiswa sering memaksakannya. Baik karena alasan mau cepat selesai, mengejar deadline, rasa ambisius yang berlebihan atau bisa karena mau ujian. Padahal hal ini tidak baik dilakukan karena dapat menurunkan kerja otak. Pada kenyataannya, otak hanya mampu bertahan untuk fokus pada suatu pekerjaan dalam jangka waktu satu jam. Oleh karena itulah berikan waktu istirahat untuk otakmu beberapa waktu sejenak.



Minum Air Putih Yang Teratur

Otak manusia terdiri dari sebagian besar kandungan air yakni sekitar 70 persen. Bayangkan apabila otak kekurangan pasokan air, maka kemungkinan besar otak tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga aktivitas menjadi terganggu. Otak akan sulit dibawa untuk berkonsentrasi dan menjadikan seseorang cepat lelah dan mengantuk. Penting bagi kamu untuk minum air putih secara teratur sehingga otak tidak sampai terhidrasi.  

Kurangi Bermain Media Sosial

Saat ini banyak kita jumpai di berbagai media sosial banyaknya ilmu pengetahuan. Meskipun begitu, membaca buku merupakan cara yang lebih efektif  bagi seseorang untuk meningkatkan pengetahuan. Banyaknya informasi yang masuk ke otak gara-gara media sosial juga tidak baik untuk konsumsi otak. lebih baik fokuskan saja pada hal yang memang benar-benar penting untuk dipikirkan. Sebaliknya konsumsi media sosial secara wajar dan terfilter sehingga otak tetap terjaga kesehatannya.

Rutin Olahraga

Jangan hanya terus-menerus memperkerjakan otakmu setiap hari. Imbangi dengan memperkerjakan fisikmu dengan rutin berolahraga. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang ringan seperti berjalan kaki di daerah komplek, senam di rumah, dan sebagainya. Rutin berolahraga dapat melancarkan peredaran darah sehingga otomatis otakmu pun akan bekerja dengan baik.

Nah, itulah tadi informasi terkait kebiasaan yang bisa meningkatka kerja otak. Kerja otak yang baik akan mendukung aktivitas belajarmu menjadi maksimal.  


0 Komentar