Tips Belajar Mahasiswa Yang Aktif di Organisasi

Ketika kamu aktif berorganisasi apakah kamu merasa waktu belajarmu mulai berkurang atau bahkan tidak sempat sama sekali? Mau belajar sore tapi ada rapat. Mau belajar malam tapi ada tugas kuliah. Besoknya kamu ada rencana demo di depan gedung DPR. Jadi kapan, nih belajarnya?


Kejadian seperti inilah yang kadang menjadikan seseorang akhirnya tidak belajar. Padahal kamu bisa, kok mengusahakannya. Caranya kamu bisa simak beberapa tips belajar buat kamu yang gemar organisasi berikut ini.

Clam Method

Clam Method adalah metode belajar di mana kamu menentukan waktu belajar sebelum dan sesudah kelas selama 30-60 menit. Jadi sebelum kelas kuliahmu dimulai kamu mesti review terlebih dahulu materi yang sudah diberikan di hari sebelumnya.

Begitu kelas selesai, kamu pun mencoba mereiew kembali materi yang sudah disampaikan di kelas. Dengan cara ini kemungkinan kamu akan dapat menyerap materi belajarmu dengan baik dan selebihnya kamu bisa kembali berkegiatan.

Sempatkan Waktu Belajar

Sesibuknya kamu memiliki kegiatan organisasi, pasti ada saja waktu luang yang sebenarnya bisa kamu gunakan untuk belajar. Kuncinya adalah kemauan belajar yang tinggi dan sungguh-sungguh. Kamu bisa juga buat alarm belajarmu di gadget  dan tentukan waktu belajarmu. Tidak perlu sampai berjam-jam untuk belajar, kamu bahkan bisa belajar 10-30 menit asalkan kamu konsisten.


Pilih Belajar Yang Cepat Tapi Paham

Mengingat aktivitas organisasi yang membuatmu banyak bergerak sehingga kamu perlu mensiasatinya dengan mencari cara belajar yang cepat namun kamu bisa paham. Kamu bisa memilih cara belajar seperti Speed Reading, Pomodoro Techique, Flashcard, memanfaatkan aplikasi dan sebagainya.

Demikian tadi beberapa tips belajar yang bisa kamu terapkan bagi kamu para mahasiswa yang aktif berorganisasi. Aktif berorganisasi merupakan hal penting yang perlu kamu asah sedari mahasiswa. Namun jangan sampai kesibukanmu berorganisasi menjadikanmu lupa belajar, ya.

0 Komentar